Monday, January 26, 2015

Kisah Penciptaan Malaikat JIbril

 

Telah bersabda Rasulullah SAW bahwa :
" Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan malaikat Jibril dengan bentuk yang sangat elok. Jibril mempunyai 124.000 sayap dan di antara sayap-sayap terdapat dua sayap yang berwarna hijau seperti sayap burung merak, sayap itu antara timur dan barat. Jika Jibril menebarkan hanya satu dari beberapa sayap yang di milikinya, maka sudah cukup untuk menutup dunia ini".

Setelah memandang dirinya yang tampak begitu indah dan sempurna, maka malaikat  Jibril pun berkata kepada Allah :
"Wahai Rabbku, apakah Engkau menciptakan mahluk lain yang lebih baik daripada aku?"
Kemudian Allah SWT menjawab pertanyaan malaikat Jibril: "Tidak".
Mendengar jawaban Allah SWT maka malaikat jibril berdiri dan melakukan shalat dua rakaat untuk bersyukur kepada Allah SWT. 

Pada setiap rakaat shalat yang dikerjakan oleh malaikat Jibril, dia menghabiskan masa 20.000 tahun lamanya.

Setelah malaikat Jibril selesai melaksanakan shalatnya, kemudian Allah SWT berfirman kepadanya:
"Wahai Jibril, kamu telah menyembah Aku dengan ibadah yang sunguh-sungguh dan tidak ada seorang pun yang menyembahku seperti ibadah yang kamu lakukan. Akan tetapi di akhir jaman nanti akan datang seorang nabi yang mulia, yang paling Aku cintai bernama Muhammad. Dia mempunyai umat yang lemah dan senantiasa berbuat dosa. Seandainya mereka mengerjakan sholat dua rakaat walau hanya sebentar dan dalam keadaan lupa serta serba kurang, dengan pikirang yang melayang-layang dan dosa mereka pun besar, maka demi kemuliaanKu dan ketinggianKu, sesungguhnya sholat mereka itu lebih aku sukai daripada sholatmu. Hal tersebut karena mereka telah mengerjakan shalat itu atas perintahkusedangkan shalat kamu bukan atas perintahKu".  

"Ya Rabbku, apakah yang engkau berikan kepada mereka sebagai ganjaran atas ibadah mereka kepadaMu?"

Maka Allah SWT berfirman:
"Ya Jibril, Aku akan berikan syurga Ma'waa sebagai tempat tinggal mereka".

Malaikat Jibril kemudian meminta izin kepada Allah SWT untuk melihat surga Ma'waa tersebut. Setelah Allah SWT memberikan izin kepadanya, maka malaikat Jibril mengembangkan sayapnya dan terbang menuju syurga Ma'waa. Satu kepakan sayap malaikat Jibril adalah sama dengan jarak perjalanan selama 3000 tahun. Maka terbanglah malaikat Jibril sampai beberapa lama perjalanan, malaikat Jibril akhirnya kecapaian dan turun untuk singgah dan berteduh di bawah sebuah pohon. Di sana ia bersujud kepada Allah lalu berkata:
"Ya Rabbku, apakah aku telanh menempuh setengah atau sepertiga atau seperempat dari pejalanan menuju syurga Ma'waa?"

Maka Allah SWT pun berfirman:
"Wahai Jibril, meskipun kamu mampu terbang selama 3000 tahun dan meskipun Aku memberikan kekuatan kepadamu seperti kekuatan yang engkau miliki, lalu kamu terbang seperti yang telah kamu lakukan, niscaya kamu tidak akan sampai kepada sepersepuluh dari beberapa puluhan yang telah kuberikan kepada umat Muhammad terhadap imbalan shalat dua rakaat yang mereka kerjakan".

Sabda Rasulullah SAW :
"Sebelah kanan sayap Jibril terdapat gambar surga beserta segala isinya termasuk bidadari, istana, pelayan dan sebagainya. Sedangkan sayap kirinya terdapat gambar neraka dan segala isinya yang terdiri dai ular berbisa dan kalajengking yang penjaganya yang terdiri dari malaikat yang ganas dan garang yakni malaikat Zabaniyah".

kemudian Rasulullah bersabada lagi:   
"apabila telah sampai ajal seorang manusia, maka akan masuklah malaikat ke dalam lubang kecil pada badan manusia. Kemudian mereka akan menarik rohnya dari kedua telapak kaki hingga lutut dan mereka pun keluar. Setelah itu datang lagi malaikat yang lain menarik roh dari lutut ke perut. Kemudian seterusnya dari perut ke dada. Dan dada ke kerongkonganya. itu saat sakaratul maut manusia. 

Ketika seorang muslim yang taat menghadapi sakaratul maut, maka malaikat Jibrl akan menebarkan sayap kanannya sehingga orang itu dapat melihat tempatnya di surga, sehingga ia lupa orang-orang di sekelilingnya.
Jika orang yang sedang sakaratul maut adalah orang yang tidak beriman, maka malaikat Jibril akan menebarkan sayap sebelah kirinya sehingga orang yang tidak beriman tersebut takut karena melihat tempatnya di neraka serta lupa akan orang-orang di sekelilingnya.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...