Wednesday, January 14, 2015

Kisah Nabi Idris AS ( Bagian Ketiga )


Wafatnya Nabi Idris AS
Dikisahkan Nabi Idris AS hidup hingga umur 365 tahun dan berteman erat dengan malaikat penghuni surga. Malaikat tersebut kemudian membawanya ke langit namun terhenti di langit keempat. Mereka bertemu dengan malaikat maut. Malaikat tersebut bertanya kepada malaikat maut, berapa sisa umur Nabi Idris AS?.
Malaikat maut kemudian bertanya di manakah Nabi Idris AS karena dirinya telah diperintahkan untuk mencabut nyawanya. Akhirnya Nabi Idris meninggal dan tetap berada di langit keempat.

Diantara beberapa nasehat Nabi Idris AS adalah :
1. Kesabaran yang disertai iman kepada Allah SWT membawa kemenangan
2. Orang yang bahagia adalah orang yang berwaspada dan mengharapkan syafaat dari Allah dengan    amal-amal sholehnya
3. Bila kamu memohon sesuatu terhadap Allah dan berdoa maka ikhlaskanlah niatmu demikian sholat dan puasamu
4. Janganlah kamu bersumpah dalam keadaan kamu berdusta dan janganlah menuntut sumpah dari orang yang berdusta agar kamu tidak menyekutui mereka dalam dosa.
5. Taatlah kepada raja-rajamu dan tunduklah kepada pembesar-pembesarmu (dalam hal ini pemimpin yang amanah ). Penuhilah selalu mulut-mulutmu dengan ucapan syukur dan puji kepada Allah SWT.
6. Janganlah iri hati kepada orang-orang yang baik nasibnya, karena mereka tidak akan banyak dan lama menikmati kebaikan nasibnya.
7. Barang siapa melampaui kesederhanaan tidak sesuatu pun akan memuaskannya.
8. Tanpa membagi-bagikan nikmat yang diperolehnya seseorang tidak dapat bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diperolehnya.

Dalam hubungan dengan firman Allah SWT bahwa Nabi Idris AS diangkat ke martabat tinggi. Ibnu Abi Hatim dalam tafsirnya meriwayatkan bahwa Nabi Idris AS wafat ketika berada di langit keempat dibawa oleh seorang malaikat.
Wallahu a'salam bissawab

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...