Thursday, March 3, 2016

Begadang dalam Islam

Begadang sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi bagi para mahasiswa saat mengerjakan tugas (akhir) kuliah, dan juga untuk orang yang bekerja lembur untuk menghidupi keluarganya. Namun pernahkah Anda berfikir bagaimana begadang dalam pandangan Islam? Kalau menurut saya pribadi kalau bisa tidur cepat setelah sholat isya akan lebih bagus. Inilah beberapa bahaya dan keburukan begadang menurut pandangan Islam :

1. Terlambat melaksanakan shalat shubuh

Begadang dapat membuat seorang muslim menghalangi dirinya dari pahala dan ganjaran Allah dan menjerumuskannya kedalam siksa Allah swt.

Allah berfirman dalam surah Maryam : 39

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang buruk) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturut hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemukan kesesatan."

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا
"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan Shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar)."(HR. Muslim no. 634)

2. Tertidur dari Qiyamullail

Begadang juga membuat kita tertidur qiyamullail, hal itu disebabkan karena kelelahan dan kita cenderung langsung ketika ngantuk sudah amat berat. Allah berfirman tentang hamba-hamba-Nya yang beriman dalam surah As Sajdah : 16.

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
"Lambung mereka dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka." 

3. Menyia-nyiakan waktu

Maksudnya menyia-nyiakan waktu untuk perkara yang tidak bermanfaat seperti melihat televisi dan membicarakan keburukan orang lain, maka sesungguhnya dia telah keburukan dengan menyia-nyiakan waktu untuk perkara yang dimurkai Allah swt.

4. Membahayakan kesehatan

Begadang juga memiliki bahaya bagi kesehatan seperti muka pucat, pusing, kurang konsentrasi dan yang lainnya.

Allah berfirmah tentang keutamaan malam dalam surah An Naml : 86.

أَلَمْ يَرَوْا أَنَّا جَعَلْنَا اللَّيْلَ لِيَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِرًا

"Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan malam supaya mereka beristirahat padanya.."
Jadi, itulah bahaya dari begadang menurut pandangan Islam, Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...