Friday, April 18, 2014

Rahasia Merpati yang Selalu Pulang ke Rumahnya

Burung Merpati Atau Dara termasuk dalam famili Columbidae dari ordo columbiformes, yang mencakup sekitar 300 spesies burung kerabat perkicau. 

Di Indonesia burung merpati lebih banyak difungsikan sebagai burung aduan untuk kecepatan ketika diterbangkan dari tempat yang cukup jauh dari garis atau tempat finis yang telah disepakati oleh para petaruh. Ada hal yang menarik dari fenomena ini. Burung merpati ini tahu jalan pulang ketika diterbangkan dari jarak yang lumayan jauh. Apa rahasianya, kita kupas yuk...

Merpati mempunyai ingatan yang kuat untuk bisa mengenali daerah yang dia tinggali. Merpati juga mempunyai kemampuan visual yang mumpuni. Kemampuan merpati yang tak kalah hebatnya adalah mampu mengasosiasikan suatu lokasi dengan aroma dan kondisi angin di daerahnya. Hal ini sangat berguna bagi mereka untuk mengingat suatu tempat yang baru pertama kali dilalui. 

Disamping beberapa kehebatan di atas yang telah disebutkan, merpati juga mempunyai sistem kompas internal. Merpati memiliki kemampuan untuk mengetahui arah berdasarkan posisi matahari. Namun bagaimanna jika cuaca lagi mendung? Merpati juga dilengkapi sistem kompas lainnya untuk mengetahui posisi mereka berdasar magnet bumi. Pada tubuh merpati terdapat titik-titik ynag mengandung komponen magnetis sehingga merpati dapat mengetahui dan menghitung posisi berdasarkan medan magnet bumi. Wah, ternyata kompas terinspirasi dari merpati ya.. 

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...