Saturday, April 5, 2014

Misteri Angka 13

Yang memprihatinkan, jaman skrg banyak yg menganggap angka 13 sbg angka sial. Sehingga bnyk tempat, gedung, perkantoran, apartemen, hotel, rumah sakit, dsb, yg meniadakan lantai ke 13 dan tdk menggunakan angka tsb. Bahkan bandara dunia pun, meniadakan gerbang ke 13. Masyarakat modern, menolak melakukan aktifitas dan hajatan ϑΐ tanggal 13
Tapi, tahukah mengapa angka 13 itu ϑΐ hindari ? Kami akan coba rangkum sebab nya.
Kaum Kabala yg kini banyak ϑΐ anut oleh artis dunia, spt Madonna, banyak mengisikan unsur ke 13 dalam sisi kehidupan nya. Seperti kartu Tarot yg berjumlah 13, dan ζ‍‍uƍå kartu Remi yg berjumlah 13.
- Kepercayaan Friday Thirteen atau Jum'at tanggal 13 sbg hari sial. Kepercayaan Friday Thirteen ini berasal dr kisah legiun perang berpengaruh pd perang Salib, yakni ksatria Templar.
Ksatria Templar merupakan penguasa Kota Yerusalem ketika Pasukan Salib menguasai kota itu dr Pasukan Muslim. Namun ϑΐ karenakan melakukan Sihir dan mempraktekan hubungan sejenis, ia ϑΐ usir dari Yerusalem oleh otoritas Gereja.
Ia kembali ke Eropa dan kembali menjadi kaum yg berpengaruh. Hingga akhirnya atas perintah Raja Philip dr Perancis, semua anggota Ksatria Templar, termasuk dirinya, ϑΐ hukum mati pd hari Jum'at tgl 13 tahun 1307. Dan semenjak itu, hari ke 13 ϑΐ anggap angka sial.
- Angka ke 13 ϑΐ anggap angka ganjil dan angka tak lengkap. Sehingga banyak penghitungaan yg menunjukkan angka 12 sbg angka yg lengkap. Contonya, ada 12 dlm setahun, 12 zodiak, 12 murid Nabi Isa, hingga 12 ukuran lusinan.
- ϑΐ masyarakat China, angka 13 ϑΐ anggap angka sial. Krn bila ϑΐ jumlahkan 1 + 3 = 4 yg merupakan angka sial dalam kepercayaan masyarakat China.
Angka 4 bila ϑΐ ucapkan dlm bahasa China dengan intonasi yg berbeda atau 'Si', ϐisα memberikan 2 arti. Yg berarti 4 atau Mati. Yg berarti sial.
Orang yg takut pd angka 13, ϑΐ sebut Trigatriskadeka Fobia. Para fobia angka 13, biasa melompati simbol angka 13. Sehingga dari angka 12, langsung beranjak ke angka 15. Krn angka 13 dan 14, ϑΐ anggap angka sial.
Dalam Islam, mereka yg percaya bhw angka 13 sbg angka sial, berarti mereka telah mengetuk pintu Syirik yg berbahaya.
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yg keperluan nya tdk ϑΐ laksanakan, ϑΐ sebabkan berbuat Tiaroh, maka sungguh ia telah berbuat kesyirikan"
Para sahabat bertanya, "Bagaimana cara menghilangkan anggapan atau Tiaroh spt itu ?"
Beliau bersabda, "Hendaknya mengucapkan do'a. 'Illa khoiruka wa la khoiro illa khoiruka. Allahumma la khoiro wa la illaaha ghoiruka' yg artinya, ' Ya Allah, tdk ada kebaikan kecuali itu datang dari Engkau. Tidak ada kejelekan, kecuali itu ketetapan dr Engkau. Dan tdk ada yg berhak ϑΐ ibadahi selain Engkau". (HR-Ahmad dan At Tabarani)
Syirik adalah dosa yg tak terampuni.
Apapun bentuk penentuan hari sial, ataupun percaya mitos pd masyarakat, maupun primbon, serta utak-atik hari baik kpd tokoh, baik kpd dukun ataupun tokoh agama, tanpa panduan yg ϑΐ tetapkan dalam Islam, termasuk Syirik. Termasuk datang ke tukang ramal.
Dengan mempercayai ucapan ramalan, Sα♏α saja ƙĩŧǻ ucapkan ramalan dan primbon dan mitos lebih baik dari Alqur'an. Padahal, urusan masa depan adalah hal ghaib yg hanya Allah yg mengetahui. Nabi Muhammad SAW saja tak mengetahui hal ghaib, kecuali yg Allah tunjukan
Dalam surat Al A'raf ayat 188, Allah berfirman, yang artinya ;
Katakanlah (hai Muhammad) :"Aku tdk kuasa mendatangkan manfaat atau mudharat thd diriku sendiri, kecuali jika Allah menghendaki. Jika aku mengetahui yg ghaib, tentu aku berbuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tdk akan ϑΐ sentuh oleh kejahatan. Aku ini hanyalah pemberi peringatan dan pembawa berita gembira bagi kaum yang beriman."
Turunnya musibah dan kesialan, tdk tergantung pd kepercayaan hari sial. Jika Allah ingin memberikan musibah dan kesialan, ϐisα kapan saja. Dan tdk akan ada yg mampu menghalangi.
Allah SWT berfirman dalam surat Al Hajj ayat 22 yg artinya : " Setiap kali mereka hendak keluar dari padanya karena kepedihan, maka ϑΐ kembalikan ke dalamnya. Dan (kepada mereka ϑΐ katakan) : Rasakanlah olehmu siksaan yg menghanguskan."
Orang yg percaya pd mitos sial, maka ia telah Kafir dan shalat nya tidak ϑΐ terima selama 40 hari. Allah lah zat Ɣªήğ Maha perkasa mengetahui segala hal dan mengabulkan do'a. Semoga kita terlindung dari mitos yang menggelincirkan kepada perbuatan Syirik. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...