Monday, April 28, 2014

Macam Penyajian Minuman Kopi

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya kopi. Yup, hampir semua orang di dunia pernah merasakan nikmatnya minum kopi. Tapi tidak semua orang pernah minum berbagai racikan kopi yang rasanya makin nikmat serta penampilannya menarik mata. Berikut beberapa macam penyajian kopi.

Americano 
Orang Amerika lebih menyukai rasa kopi yang lebih ringan dibandin kebanyakan orang eropa. Americano tercipta tidak sengaja ketika tentara amerika menuangkan air panas dalam sloki espresso pada perang dunia kedua. Sejak itulah varian americano lahir.



Banana Coffe
Banana coffe tercipta dari campuran kopi (intsan), biskuit coklat, pisang (ambon), dan juga whipped cream. Larutkan kopi instan dan tambahkan sedikit gula. Lalu biarkan dingin sendiri. Setelah itu blender semuanya sampe lembut. Boleh ditambahkan sedikit es batu ketika di blender. setelah itu tambahkan whipped cream serta potongan pisang diatas bibir gelas.



Caffe Late 
Berasal dari (bahasa) Italia yang berarti kopi susu. Caffe late merupakan espresso atau kopi yang dicampur dengan susu serta busa susu di atasnya. Perbandingan antara susu dan kopi adalah 3:1



Caffe Mocha
Terdiri campuran espresso, coklat, dan juga susu. Di Eropa sering di sebut sebagai moccacino. Nama moca sendiri berasal dari jenis atau varietas kopi dari negara yaman, yaitu daerah Mocha.

Cappucino
 Cappucino adalah sajian kopi khas Italia yang biasanya diminum pagi hari. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan busa susu di atasnya. Busa susu ini bentuknya menyerupai cap/topi sehingga disebut Cappucino.




Espresso
Di Italia di sebut normale. Espresso adalah jenis kopi paling populer. Merupakan air kopi murni dengan warna hitam serta kental. Biasanya menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain. Biasanya diminum dengan atau tanpa gula.



Flat White
Jenis kopi ini mirip dengan cappucino. Perbedaannya hanyalah jumlah foam yang dimiliki Flat white ini dengan Cappucino. Di Australia dan Selandia Baru Flat White lebih beken daripada kopi jenis lain


Di kedua negara tersebut,  flat white lebih kecil tapi rasanya lebih kuat dari caffe latte mereka. Flat white ini biasakanya disajikan pake cangkir keramik yang ada kupingnya, dengan perbandingan 5-6 ons air berbanding 2 ons bubuk espresso. Sisanya, tekstur susu yang ringan. Sedangkan latte-nya orang Australia dan Selandia Baru itu biasanya disajikan pake gelas. Takarannya? 7 ons air berbanding 2 ons espresso, dan atasnya sama juga, pake lapisan susu.

Frappe
Adalah jenis kopi yang berasal dari kopi atau espresso dingin. Dasar kopi yang digunakan biasanya kopi instan, gula, air, dan es. Frappe berasal dari Yunani dan pertama kali dibuat pada september tahun 1957. Yang pertama kali yang menemukan adalah Dimitrios Vakondios.


Frapuccino
Yang pertama kali menciptakan sekaligus mematenkan jenis ini adalah Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental. Di Starbucks sendiri tersedia berbagai varian frappuccino  yaitu Java Chip Frappuccino, Caramel, Mocha, hingga Raspberry. 



Granita  di Caffe Con Pana
Terbuat dari Kopi yang dibikin jadi beku kemudian dipecah dengan bentuk yang kecil kecil kemudian di kasih whipped cream di atasnya. Kota Roma identik dengan penyajian kopi jenis ini. 
 

Hammerhead
Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya “tembakan dalam gelap”.

Irish Coffee
Yang mempunyai arti kopi Irlandia. Yup, kopi ini memang lahir di Irlandia. Tercipta dari perpaduan kopi yang dicampur dengan gula serta krim diatasnya dan tentu saja wiski Irlandia. Adalah seorang bartender di lapangan udara Shannon yang bernama Joe Sheridan yang pertama kali menemukan resepnya. Dibuat untuk memikat turis Amerika. Orang yang membawa resep tersebut ke Amerika adalah Stanton Delaplane. Sejak saat itulah minuman Irish Coffee mulai dikenal  banyak pencinta kopi.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...