Thursday, November 12, 2015

Apa itu Black Dollar?

TNI AL, melalui Satuan Tugas Khususnya berhasil menemukan puluhan ribu black dollar Amerika dari hasil pengembangan kasus narkotika. Black dollar ini merupakan potongan kertas hitam yang bentuknya menyerupai uang. Apa itu Black Dollar?

Black Dollar adalah Uang Dolar US$, Euro$ atau Pound$. Uang ini banyak disebut sebagai uang palsu dan ada juga yang bilang asli. Selain Black Dollar, dikenal juga White Dollar. Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan dalam fungsinya.

Black Dollar dan White Dollar berbeda dengan uang palsu. Black Dollar dan White Dollar memiliki nomor seri selayaknya uang yang dikeluarkan oleh bank sentral. Kedua jenis uang Dollar tersebut juga bisa ditransaksikan secara legal dan umum.

Sejauh ini, Black Dollar dan White Dollar beda peruntukan. Black Dollar biasanya digunakan untuk transaksi drugs (narkoba), sementara White Dollar biasanya untuk pendanaan perang atau aksi terorisme.
Kedua jenis Dollar tersebut jika ingin digunakan harus dicampur cairan tertentu sehingga warna hitamnya pudar, lalu nomor serinya muncul. Jika nomor seri muncul, maka Dollar tersebut bisa digunakan untuk jual beli.

Selain muncul dalam kasus transaksi ilegal, permainan black dollar biasanya menyangkut kasus penipuan.
Kasus penipuan itu dalam bahasa Inggris populer dengan nama black money scam atau “black dollar scam” atau juga istilah “wash wash scam”.
Dalam kasus seperti itu, penipu mencoba mendapatkan uang dari korban dengan membujuk dia bahwa penipu memiliki tumpukan uang kertas (misalnya dolar) dalam jumlah banyak namun masih dilapis dengan lapisan warna hitam. Korban dibujuk mengeluarkan uang untuk membayar bahan kimia bagi keperluan mencuci “uang” dengan janji akan diberi bagian uang jika telah dicuci.
Dalam hal ini biasanya si korban akan kehilangan uang yang telah disetorkannya untuk membeli bahan kimia tersebut. Dengan berbagai cara, banyak penipu berhasil memperdaya korban.
Apakah black dollar bisa benar-benar uang aseli? Bisa benar, bisa tidak. Artinya, ada black dollar yang benar-benar merupakan mata uang aseli yang dilapis warna hitam, tetapi ada juga black dollar yang terbuat dari kertas yang dipotong berbentuk uang dan dilapisi warna hitam dan biasanya dibuat untuk tujuan menipu.
Bahan kimia apa yang digunakan?

Seorang warna negara Ghana pernah tertangkap karena tindak penipuan mengungkapkan kepada ABC News mengenai trik-trik perdagangan ilegal dengan menggunakan black dollar. Dalam hal melapisi uang dolar, dia menggunakan lapisan pelindung lem Elmer, yang kemudian dicelupkan ke dalam larutan yodium atau tingtur. Ketika kering, maka wujud uang itu menjadi hitam.
Zat pembersih ajaib untuk menghilangkan warna hitam itu ada yang sekadar larutan tablet vitamin C. Dalam kasus penangkapan lain, campuran minuman raspberry telah digunakan untuk menjadi salah satu cairan pembersih black dollar.

Kasus black dollar di Indonesia
Kasus black dollar di Indonesia pernah menjadi urusan kepolisian pada tahun 2010. Pada bulan Oktober tahun itu, Polda Metro Jaya membekuk kawanan pencucian uang black dollar yang dilakukan salah seorang karyawan bank pemerintah. Pencucian uang ini merugikan bank pemerintah hingga Rp29 miliar.

Kawanan itu seperti dilansir okezone.com terdiri dari enam orang, yakni AM (41), AS (39), IW, DZ (29), GH, dan CPR. Mereka ditangkap beserta barang bukti satu unit Toyota Harrier, 1 Honda Civic, 1 koper berisi ratusan ribu dollar palsu, dan uang tunai senilai Rp4 juta.
Modus operandi pencucian uang ini, menurut Boy Rafli, dengan cara mengeluarkan uang dari salah satu bank pemerintah senilai Rp 29.561.500.000 yang digunakan untuk mengolah atau mencuci uang black dollar menjadi uang dollar asli.
Kasus ini berawal dari AS yang mengaku memiliki satu koper uang black dollar yang bisa diubah menjadi dollar asli dengan melakukan pencucian. Kepada IW dan DZ, AS meminta keduanya mencari penyandang dana agar dapat membayar warga asal Kamerun CPR yang akan mengubah black dollar tersebut.
Oleh IW dan DZ, AS dipertemukan dengan AM yang menjadi supervisor salah satu bank milik pemerintah. AM tergiur dengan imbalan yang diiming-imingi AS.
AM yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan dana dari bank tempatnya bekerja, menyetorkan uang milik bank kepada AS secara bertahap setelah ditukar dengan mata uang dollar dan euro. Namun tak dinyana, proses pencucian uang dari black dollar ke dollar asli yang dilakukan oleh CPR, mengalami kegagalan.
Bank pemerintah yang mencium pengeluaran uang yang tidak lazim melaporkan tindakan ini ke Polda Metro Jaya. Dalam penyelidikannya, polisi berhasil membongkar komplotan aksi cuci black dollar ini.
Itulah sobat sekilas cerita mengenai apa itu black dollar. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...