Wednesday, September 12, 2018

Golongan yang Jauh dari Allah SWT

Hasil gambar untuk keras hati
Setiap manusia diwajibkan beribadah agar mendekat kepada Allah SWT.
Allah SWT memerintahkan manusia untuk selalu beribadah kepada-Nya. Perintah ini mengandung maksud bahwa ibadah merupakan sarana bagi manusia untuk bisa dekat dengan Sang Pencipta.
Tetapi, ada musibah yang mengancam setiap Muslim. Musibah itu adalah jauh dari Allah.
Jika termasuk dalam golongan ini, sesungguhnya kita dalam keadaan merugi. Sedangkan, golongan apa sajakah itu?
Golongan pertama adalah keras hati. Mereka adalah orang-orang yang suka berbicara namun jarang berzikir dan mengingat Allah SWT, seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 74.
"Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga hatimu seperti batu, bahkan lebih keras. Padahal dari batu-batu itu pasti ada sungai-sungai yang airnya memancar daripadanya. Adapula yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya. Dan adapula yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan."
Juga dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Baihaqi.
"Janganlah kalian banyak bicara tanpa berzikir kepada Allah Ta'ala. Sesungguhnya, banyak bicara tanpa zikir kepada Allah Ta'ala bisa menjadi sebab kerasnya hati. Dan sejauh-jauh seorang hamba dari Allah adalah mereka yang keras hatinya."
Golongan kedua, orang bakhil atau pelit. Julukan ini tidak hanya untuk mereka yang enggan membagi hartanya, namun juga yang merasa dermawan padahal hanya mengeluarkan sedekah sedikit saja.
Ancaman bagi orang bakhil tertera dalam hadis riwayat Tirmidzi.
"Orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari Surga, dan jauh dari manusia."
Juga dalam riwayat Bukhari dan Muslim.
"Tidaklah ada satu hari pun yang dilalui oleh setiap hamba pada pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun, berkata salah satu dari keduanya, 'Ya Allah berilah orang yang suka menginfakkan hartanya berupa ganti (dari harta yang diinfakkan tersebut), dan berkata (malaikat) yang lain, 'Ya Allah, berilah orang yang kikir kebinasaan (hartanya)'."
Golongan ketiga, mendirikan sholat tapi masih mengerjakan perbuatan keji dan munkar. Sholatnya orang yang seperti ini justru menjauhkannya dari Allah SWT.
Seperti tercantum dalam hadis riwayat Ath Thobari.
"Barangsiapa yang melaksanakan sholat, Iantas sholat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah."

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...