Sunday, February 25, 2018

Tiga Kisah, Satu Pesan

Image result for surat al kaffi
Didalam Surat Al-Kahfi, terdapat tiga kisah agung yang diabadikan didalamnya. Kisah Ashabul Kahfi, Nabi Musa as dan Dzul Qornain.
Namun yang menarik, tiga kisah ini memiliki kemiripan tujuan. Tiga kisah yang berbeda ingin menyampaikan sebuah pesan yang sama yaitu : berusaha, bergerak dan berhijrah. Walaupun kisah-kisah itu juga memiliki pesan yang begitu banyak dan indah.
Ashabul Kahfi pergi dan berhijrah dari kota. Mereka meninggalkan istana-istana megah mereka untuk menuju ke gua demi menjaga keimanan mereka.
إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا
(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS.Al-Kahfi:10)
Nabi Musa as berhijrah untuk menemui Nabi Khidir as demi menimba ilmu dan pengetahuan. Walaupun medan yang ditempuh begitu sulit.
وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا
Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua laut; atau aku akan berjalan (terus sampai) bertahun-tahun.” (QS.Al-Kahfi:60)
Dan ketika Nabi Musa as bertemu dengan Nabi Khidir as, Al-Qur’an menceritakan,
قَالَ لَهُ مُوسَىٰ هَلْ أَتَّبِعُكَ عَلَىٰ أَنْ تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا
“Musa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajarkan kepadamu (untuk menjadi) petunjuk?” (QS.Al-Kahfi:66)
Dzul Qornain berhijrah ke berbagai tempat untuk menyelamatkan orang yang lemah dan tertindas.
إِنَّا مَكَّنَّا لَهُ فِي الْأَرْضِ وَآتَيْنَاهُ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ سَبَبًا – فَأَتْبَعَ سَبَبًا
“Sungguh, Kami telah memberi kedudukan kepadanya di bumi, dan Kami telah memberikan jalan kepadanya (untuk mencapai) segala sesuatu, maka dia pun menempuh suatu jalan.” (QS.Al-Kahfi:84)
Inilah tiga kisah dengan satu pesan yang sama. Agar manusia berusaha, bergerak dan bila perlu berhijrah untuk menimba ilmu, menyelamatkan keimanan dan membantu orang-orang yang lemah dan tertindas.
Semua kisah ini terangkum dalam Surat Al-Kahfi. Kisah-kisah dahsyat yang memberi pesan yang luar biasa bagi yang mau merenungkan Al-Qur’an.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...