Thursday, March 20, 2014

Penyakit-Penyakit Akibat Begadang

Begadang adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia yang tidak baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Seperti lagu raja dangdut Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul begadang, menyatakan bahwa begadang ini akan menimbulkan banyak kerugian pada orang yang mengatakannya dan jika memang tidak diperlukan sebaiknya seseorang tidak begadang. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat sering begadang.

Tekanan Darah Tinggi
Penyakit pertama yang merupakan akibat dari kegiatan begadang yang dilakukan adalah penyakit tekanan darah tinggi. Mungkin di Indonesia penderita penyakit ini sudah sangat banyak dengan berbagai sebab dan ternyata salah satunya yaitu karena banyak begadang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dapat terjadi karena bagadang yang dilakukan setiap malam ini akan membuat seseorang strees karena memikirkan banyak masalah dan hal kurang penting karena tidak tertidur tersebut. Akibatnya jika seseorang terlalu berpikir keras sehingga menyebabkan seseorang itu stress dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka hal ini akan memicu timbulnya tekanan darah tinggi. Mungkin seseorang ini akan merasa gampang marah dan suasana jasmani dan rohaninya yang tidak menentu.
Penyakit ini disebut sebagai penyakit yang cukup parah karena adanya peningkatan tekanan darah di dalam arteri yang membuat sang jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa dan mengedarkan darah ke arteri dam seluruh tubuh. Dengan begini membuat tekanan darah tinggi ini akan menyebabkan berbagai penyakit yang juga menyerang jantung dan alat vital lainnya di dalam tubuh. Namun untuk mengatasi penyakit yang satu ini, seseorang bisa melakukan hal seperti mengatur pola makan dan hidup sehat seperti anjuran dokter.
Meskipun tidak akan sembuh, namun hal ini bisa sedikit mengurangi gejala penyakit ini dan mengontrol aliran tekanan darah seseorang. Jika seseorang mengalami penyakit yang satu ini, tentunya akan timbul beberapa gejala seperti sakit kepala, pusing, vertigo dan sebagian merasakan dengung di telinganya. Tidak hanya gejala seperti itu yang akan nampak, namun juga adanya retinopati yang ditemukan pada pemeriksaan fisik menggunakan olfalmoskop. Jenis dari penyakit hipertensi ini ada dua yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder dan yang biasa di derita oleh kebanyakan orang adalah hipertensi primer ini. Hipertensi primer ini disebabkan bisa dengan faktor yang tidak diketahui, namun bisa terjadi karena kondisi badan dan penuaan yang dialami oleh seseorang. Namun ternyata setelah diteliti lebih lanjut mengenai hipertensi primer ini, ternyata penyebabnya adalah karena adanya faktor gen dan faktor lingkungan.
Faktor gen ini tentunya bisa menurunkan penyakit tekanan darah tinggi ini kepada keturunannya, namun hal ini masih menjadi penelitian sejumlah peneliti karena hingga saat ini belum diketahui gen mana yang bisa menurunkan kemungkinan terkenal salah satu penyakit turunan ini. Tidak hanya dari faktor gen, namun juga dari faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Faktor.lingkungan berupa suatu hal yang berhubungan dengan pola hidup sehat dan tentunya berupa makanan yang dikonsumsi, olahraga dan juga makanan rendah lemak yang digunakan untuk diet tekanan darah tinggi. Selain itu, juga faktor psikis seperti stres sehingga tidak.kaget jika begadang akan berpengaruh langsung terhadap timbulnya penyakit ini.

Sakit Kepala
Mungkin penyakit yang biasa terjadi pada seseorang yang mengalami kekurangan tidur adalah sakit kepala. Sakit kepala ini sebenarnya adalah penyakit yang biasa terjadi, namun jika hal ini tidak segera diatas maka akan mengakibatkan hal yang serius. Hal inilah yang seharusnya dihindari oleh setiap orang yang memiliki hobi begadang untuk alasan yang tidak penting. Akibat kekurangan tidur, seseorang akan mengalami kecapekan dan akan mempengaruhi fungsi otak yang juga akan kelelahan sehingga timbullah sakit kepala ini. Memang sakit kepala ini adalah penyakit yang timbul hampir 99% orang di dunia dan sakit kepala ini bisa saja menjadi faktor klinis terhadap sesuatu namun juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang serius dan menyangkut jiwa. Bisa dikatakan bahwa rasa sakit pada kepala ini bisa disebabkan oleh adanya penarikan, peradangan, spasme dari pembuluh darah serta perpindahan yang menyebabkan rasa nyeri tidak hanya pada kepala namun juga kepada leher.
Seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala ini juga ada yang termasuk primer dan sekunder. Dikatakan sekunder karena sakit kepala ini teejadi karena hal yang berhubungan dengan gangguan kondisi, sedangkan primer ini adalah sakit kepala yang bisa sakit tanpa adanya penyebabnya. Dan jenis sakit kepala yang diderita banyak orang adalah sakit kepala.primer yang tanpa sebab seperti contohnya adalah migrain. Sakit kepala ini dapat berupa.gejala sakit kepala seperti yang diremas-remas dan akan sangat menyakitkan untuk beberapa waktu. Selain migrain, ada juga jenis sakit kepala yang disebut TTH atau Tension Type Headache yang juga sering dilupakan oleh beberapa orang. TTH merupakan jenis sakit kepala sekunder sehingga hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan migrain.
Banyak pula orang yang mengadukan akan sakit kepalanya ini kepada dokter dan kebanyakan dokter ini akan memberikan resep untuk obat migrain. Dalam hal ini, sakit kepala yang diakibatkan oleh kegiatan begadang adalah sakit kepala primer, namun tidak sedikit pula sakit kepala yang akan berubah menjadi sakit kepala sekunder yang membahayakan sehingga, Anda tentunya harus mengetahui hal apa saja yang berkaitan dengan sakit kepala ini.  Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah mengenai waktu Anda mengeluh sakit kepala yang hebat, jika waktu sakit kepala ini terus menerus dan tidak bisa sedikit terkurangi dengan istirahat, hal ini ternyata termasuk sakit kepala yang parah sehingga Anda harus melakukan citiscan. Namun bila gejala yang diderita tidak terlalu serius, maka sakit kepala ini akan bisa hilang dengan minum obat anelgesik.

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun 
Penyakit yang selanjutnya yang bisa diakibatkan oleh adanya begadang ini adalah menurunnya system kekebalan tubuh seseorang. Mungkin hal ini adalah hal yang jarang diketahui oleh banyak orang dan biasanya kita hanya merasakan kecapekan saja. Namun sebenarnya hal ini juga termasuk kasus yang cukup serius karena setelah diadakan beberapa penelitian dan pemeriksaan, begadang ini juga bisa mempengaruhi jumlah sel darah putih di dalam tubuh manusia. Begadang akan menghancurkan sel darah putih yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh sehingga jika seseorang kehilangan sel darah putihnya maka akan bisa mempengaruhi kekebalan tubuh yang menyebabkan berbagai jenis penyakit.
Dalam hal ini tentunya yang akan berpengaruh adalah sistem kekebalan tubuh yaitu imunitas. Imunitas dalam suatu sistem tubuh manusia ini sangatlah penting karena imunitas ini adalah suatu sistem di dalam tubuh yang sangat berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan dari luar yang bisa membantu dalam mengidentifikasi dan membunuh faktor di luar yang sangat berbahaya. Sistem kekebalan tubuh ini ternyata bukanlah sistem yang simpel dan sederhana, namun memiliki tingkatan yang berbeda dan memiliki fungsinya sehingga sistem.imun atau kekebalan ini akan bisa memberikan perlindungan yang sangat signifikan. Pada lapis pertama, disebut lapis fisikal yang berguna untuk menghalau bakteri dan kuman yang hendak masuk ke dalam tubuh manusia. Namun jika kuman atau bakteri ini berhasil masuk ke dalam tubuh manusia, akan ada lapis kedua yang disebut dengan sistem respon bawaan.
Sistem respon bawaan ini adalah sistem yang bekerja untuk memberikan perlindungan, namun perlindungan yang digunakan masih belum spesifik sehingga hal ini juga bisa membuat bakteri atau kuman yang kuat akan bisa membuatnya menembus kekebalan tubuh manusia yang satu ini. Jika bakteri dan kuman bisa melewatinya, maka yang selanjutnya akan berperan aktif adalah sistem kekebalan imun adaptif. Imun adaptif ini akan diaktivasi oleh respon bawaan yang telah berhasil dilewati oleh sang kuman. Cara kerja sistem imun adaptif ini yaitu dengan adanya penyimpanan memori imunologikal yang dihasilkan oleh respon bawaan yang kemudian akan digunakan oleh sistem imun adaptif sebagai cara penanganan bagi.kuman atau bakteri tersebut sehingga kemungkinan banyak kuman pada lapisan ini akan bisa diatasi dengan cepat. Namun pada sistem imun bawaan ini pada manusia adalah sistem yang penting sebagai tindakan pencegahan dan mungkin jika kita sering melakukan begadang maka ini berarti bahwa yang terkenal gangguan adalah sistem imun bawaan ini.
Menurut beberapa pemeriksaan, sistem imun bawaan ini akan bisa mengidentifikasi kuman atau bakteri yang masuk dari adanya penerjemahan dari reseptor yang dilewati oleh kuman dan jika respon imun bawaan ini cukup baik maka akan berhasil menghalau bakteri masuk ke laois kekebalan selanjutnya namun bila hal ini tidak berfungsi dengan baik maka akan menyebabkan bakteri mudah masuk ke lapis berikutnya dan jika keadaan tubuh dalam.keadaan yang buruk bisa saja langsung menginfeksi tubuh manusia sehingga terjadi sebuah penyakit.

Penyakit Jantung
Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang paling berbahaya dan bisa membunuh manusia dengan cepat tanpa diketahui sebelumnya sehingga penyakit ini disebut juga penyakit yang paling mematikan. Semua orang tentunya tidak ingin terkena penyakit yang satu ini bukan? Namun penyakit ini akan menghantui orang yang gemar melakukan begadang. Begadang tidak hanya berakibat kelelahan kepada seseorang namun juga adanya beberapa hal seperti angin malam dan beberapa hal lainnya. Kecapekan dan adanya angin tidak baik ini lama kelamaan akan mengganggu fungsi kerja jantung tanpa disadari sehingga nantinya peluang terkena penyakit jantung ini akan lebih besar bagi orang yang sering begadang.
Tentunya mulai dari sekarang sebaiknya Anda berpikir untuk melakukan begadang jika tidak ada gunanya.  Penyakit jantung adalah penyakit dimana aliran darah menuju ke jantung akan berhenti hanya dengan beberapa saat sehingga sel di dalam jantung akan mati dan akan tidak berfungsi beberapa saat. Tentu saja hal ini adalah hal yang fatal karena mengingat jantung adalah alat vital dalam tubuh untuk memompa udara. Aliran darah yang terhenti menuju jantung ini akan mengakibatkan otot jantung berhenti bergerak dan hal ini terjadi ketika nadi yang menuju jantung ini terblokade. Terblokadenya nadi ini banyak penyebabnya salah satunya yaitu karena mengencangnya nadi dan penggumpalan darah. Penyebab penyakit jantung ini salah satunya adalah stres dan kelelahan yang merupakan risiko melakukan begadang.
Jika serangan jantung yang terjadi hanya sesaat dan akan kembali lagi normal seperti biasanya, maka hal ini hanya akan mengakibatkan sakit jantung, namun jika terblokadenya nadi untuk permanen bisa jadi Anda akan mengalami kematian. Dan hal inilah yang membuat banyak orang bisa meninggal secara tiba-tiba. Gejala yang akan mungkin Anda rasakan ketikan mengidap penyakit jantung ini adalah dengan adanya rasa nyeri pada daerah dada, kepenatan, pusing, pingsan dan sesak napas. Namun jika hal ini sudah menjadi serius maka yang akan Anda rasakan adalah perubahan fisiologis dan kekacauan mental. Dari sini tentunya Anda akan merasa lebih berhati-hati bukan?


 

 

 


No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...