Monday, March 10, 2014

Danau-danau Terbesar di Dunia


Selain pantai dan gunung, danau menjadi kawasan wisata alam favorit bagi masyarakat dunia. Danau yang biasanya dikelilingi oleh rerumputan dan tumbuhan memiliki pemandangan tak kalah indah dengan pantai dan gunung. Selain itu, udara di sekitar danau cenderung lebih nyaman dibanding pantai yang biasanya panas atau gunung yang dingin. Beberapa danau di dunia membentang amat luas hingga ujungnya tak dapat dilihat dari sisi seberang. Boleh dibilang danau ini lebih mirip laut kecil. Inilah sepuluh danau terbesar di dunia.

1. Danau Kaspia
Banyak yang ragu dalam menggolongkan Kaspia. Ada yang menyebutnya sebagai danau terbesar di dunia, ada pula yang mengkatgorikannya sebagai laut kecil. Kaspia yang berada di perbatasan Asia dan Eropa tepatnya di wilayah Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, dan Iran dianggap sebagai danau karena seluruh bentangan airnya dibatasi oleh daratan. Namun, Kaspia amat luas dan airnya terasa asin sehingga banyak orang menganggapnya sebagai laut. Total luas Danau Kaspia mencapai 371.000 kilometer persegi.

Danau Kaspia

2. Danau Superior
Danau Superior merupakan danau terbesar di benua Amerika dan danau air tawar terbesar di dunia ditinjau dari luas permukaannya. Membentang seluas 82.414 kilometer persegi, Danau Superior mencakup sebagian wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Wilayah Ontario di Kanada dan Minnesota di AS membatasi Danau Superior di bagian utara, sementara kawasan Winconsin dan Michigan mengelilingi danau di bagian selatan. Membentang amat luas, Danau Superior menjadi habitat bagi sekitar 80 jenis ikan air tawar.

Danau Superior

3. Danau Victoria
Meski berlokasi di benua Afrika, nama Danau Victoria berasal dari nama Ratu Inggris. Rupanya, danau di wilayah Uganda, Tanzania, dan Kenya ini ditemukan dan diberi nama oleh seorang tentara Inggris India yang tengah bertugas di Afrika. Danau Victoria memiliki luas permukaan 69.485 kilometer persegi dan tercatat sebagai danau terbesar ketiga dunia. Sejak terbentuk sekitar 400.000 tahun lalu, Danau Victoria pernah mengalami kekeringan sebanyak 3 kali. Terakhir kali danau ini terisi kembali adalah sekitar 14.500 tahun yang lalu.

Danau Victoria

4. Danau Huron
Danau Huron memiliki lokasi yang berdekatan dengan Danau Superior dan 3 danau besar lainnya di wilayah Kanada dan AS. Dengan luas permukaan sekitar 59.800 kilometer persegi, Danau Huron dinobatkan sebagai danau air tawar terbesar ketiga dunia setelah Superior dan Victoria. Angin kencang yang berhembus di sekitar danau seringkali menyebabkan kapal dan perahu karam. Hingga saat ini, ada lebih dari seribu kecelakaan kapal yang terjadi di Danau Huron.

Danau Huron

5. Danau Michigan
Menjadi bagian dari 5 danau besar di Amerika Utara, Danau Michigan merupakan satu-satunya danau besar yang seluruh permukaannya berada di wilayah AS. Danau Michigan menjadi bagian dari 4 kota berbeda yaitu Michigan, Indiana, Wincosin dan Illinois. Nama Michigan bukan diambil dari nama kota dekat danau melainkan dari kata mishigami yang bermakna “air besar” dalam bahasa Ojibwa. Danau yang terletak tak jauh dari kawasan metropolitan AS ini memiliki luas permukaan sekitar 58.000 kilometer persegi.

Danau Michigan

6. Danau Tanganyika
Kembali, Afrika menjadi rumah dari danau terbesar di dunia. Dengan luas mencapai 32.893 meter persegi, Danau Tanganyika menempati wilayah 4 negara Afrika sekaligus yaitu Burundi, Zambia, Tanzania, dan Republik Demokrasi Kongo. Meski hanya tercatat sebagai danau terluas ke-6 di dunia, Danau Tanganyika sebenarnya menempati urutan pertama jika ditinjau dari banyaknya volum air tawar yang dimiliki. Pola Danau Tanganyika bahkan masih bisa terlihat dengan jelas dari luar angkasa.

Danau Tanganyika

7. Danau Baikal
Nama Danau Baikal mungkin sudah sering kamu dengar. Ya, Danau Baikal memang kerap muncul di buku-buku pelajaran, majalah, dan artikel online karena reputasinya sebagai danau terdalam di dunia. Dalam kategori luas permukaan, Danau Baikal hanya berada di peringkat ke-7. Dengan luas permukaan 31.722 km persegi dan kedalaman maksimal mencapai 1,64 km, danau yang terletak di wilayah Rusia dan Mongolia ini menyimpan sekitar 20% dari cadangan air tawar tak beku dunia.

Danau Baikal

8. Danau Great Bear
Danau Great Bear (Great Bear Lake) bisa dibilang sebagai danau terbesar di wilayah Kanada. Loh, bukannya masih ada Danau Superior dan Huron yang lebih luas dan besar? Danau Great Bear mendapat reputasi sebagai danau terbesar di Kanada karena seluruh permukaannya berada di wilayah Kanada,tidak seperti Danau Superior dan Danau Huron yang menjadi bagian dari AS dan Kanada. Danau Great Bear memiliki luas permukaan sekitar 31.153 km persegi. Terletak di belahan bumi bagian utara, air di Danau Great Bear kerap membeku di musim dingin.

Danau Great Bear

9. Danau Malawi
Danau Malawi memiliki nama yang sama dengan salah satu negara Afrika. Ya, sebagian besar wilayah Danau Malawi memang berada di negara Malawi, sedangkan sisanya berada di kawasan Tanzania dan Mozambik. Dengan luas wilayah sebesar 29.600 km persegi dan kedalaman maksimal 706 meter, Danau Malawi merupakan danau terbesar dan terdalam ketiga di Afrika. Dibandingkan danau manapun di dunia, Danau Malawi memiliki jenis ikan air tawar terbesar sehingga pemerintah Mozambik menjadikan sebagian wilayah danau sebagai cagar alam.

Danau Malawi

10. Danau Great Slave
Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Kanada memiliki banyak koleksi danau besar pula. Terbukti, 4 dari 10 danau terbesar di dunia berlokasi di Kanada. Danau Great Slave yang terletak di Northwest Territories, Kanada, memiliki luas 27.200 km persegi. Tak cuma luas, Danau Great Slave juga amat dalam. Kedalaman maksimal Danau Great Slave adalah 614 meter sehingga danau tersebut dinobatkan sebagai danau terdalam di Amerika Utara.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...