Saturday, March 8, 2014

Pesan Tersembunyi Film Lord of The Ring

Film Lord Of The Rings ini adalah film Metafora Futuristik, maksudnya film ini sarat mengandung perlambang-perlambang tentang kehidupan yang akan terjadi di masa nanti. Nah, perlambang-perlambang yang digambarkan film tersebut adalah materi seputar TANDA-TANDA KIAMAT. Jika teliti melihatnya, kita akan medapatkan begitu banyak kondisi-kondisi yang menggambarkan kehidupan menjelang hari kiamat nanti. Hanya semua itu dibuat sangat samar, dengan istilah-istilah, kronologi cerita dan tokoh-tokoh fiktif. Misalnya:
1. Inti cerita dari film LOTR ini adalah pertarungan antara golongan putih dan golongan hitam. Begitu pula saat menjelang hari kiamat nanti, aka nada pertarungan besar antara kaum Muslimin dengan kaum Yahudi.
2. Dalam Film tersebut, puncak kepemimpinan kejahatan digambarkan sebagai kekuatan sihir bermata satu. Hal ini adalah gambaran yang sangat jelas tentang sosok Dajjal sebagai raja kejahatan di akhir zaman nanti.
3. Dalam film itu digambarkan ada koalisi diantara dua kekuatan besar untuk melawan imperium kejahatan (Mordor). Dalam kehidupan di Akhir Jaman nanti juga akan terjadi koalisi antara Umat Islam dengan kaum Nsrani untuk menghadapi kejahatn Yahudi.
4. Dalam film LOTR digambarkan munculnya seorang kesatria pemberani, pembela kebenaran, dan sangat konsisten melindungi Frodo. Setelah imperium kejahatan Mordor hancur, kesatria itu diangakat menjadi kaisar. Posisi kesatria ini dalam tanda-tanda kiamat sangat mirip dengan posisi Imam Mahdi.
5. Dalam film itu digambarkan sosok Frodo sebagai pembawa cincin yang harus menghancurkan raja kejahata. Begitu pula kelak peranan Isa Al Masih yang akan turun ke dunia untuk menghancurkan Dajjal.
6. Di akhir cerita digambarkan imperium kejahatan hancur seluruhnya, tidak ada yang tersisa. Begitu pula, di Akhir Jaman nanti imperium Dajjal juga akan hancur, kaum Yahudi akan tercerai-berai dan binasa.
7. Sebelum imperium kejahatan (Mordor) itu hancur, mereka mengalami kemajuan-kemajuan pesat dari sisi kekuatan militer. Puncaknya, mereka mampu mengepung kekuatan kebaikan di sebuah lembah. Di akhir jaman nanti demikian juga kondisinya. Kaum Yahudi mendapat kekuatan yang sangat hebat, sehingga mendesak orang-orang beriman dalam situasi tersudut. Namun, akhirnya kekuatan Yahudi itu hancur lebur seiring hancurnya Dajjal.
8. Hancurnya kekuatan “sang mata satu” ditandai dengan melelehnya cincin yang dibawa Frodo di sebuah kawah gunung yang membara. Begitu pula digambarkan, nanti di Akhir Zaman Dajjal ketika melihat Nabi Isa As., dia akan meleleh seperti garam yang meleleh.
9. Kunci kekuatan imperium kejahatan adalah “sang mata satu” (Sauron). Semakin kuat dirinya, semakin kuat pula kerajaannya. Namun saat dia hancur, maka hancur pula seluruh imperium kejhatannya. Begitulah hubungan antara Dajjal dengan kaum Yahudi terkutuk di akhir jaman nanti.
10. Dalam film itu digambarkan bahwa tokoh :sang mata satu” bukan muncul dari bangsa jin atau makhluk lain. Ia berasal dari sosok seorang raja di masa lalu. Dalam tanda-tanda kiamat disebutkan bahwa Dajjal itu sejenis manusia. Lahir dari keluarga Yahudi di Isfahan, Iran saat ini.
11. Sang pembawa cincin (Frodo) pada akhirnya meninggal juga. Dia harus berpisah dengan teman-teman setianya. Di akhir Zaman nanti, Nabi Isa As. Juga akan meninggal setelah menuntaskan tugasnya.
12. Misi lain dari perjuangan Frodo adalah menuntaskan cerita dalam buku yang ditinggalkan oleh kakeknya. Cerita itu hampir selesai di tangan Frodo. Namun, dia sisakan satu halaman lagi untuk diisi temannya, Sam. Begitu pula, wafatnya Isa Al MAsih di akhir jaman nanti menandai berakhirnya kehidupan dunia. Kehidupan dunia kala itu tinggal tersisa sedikit lagi.
13. Di akhir perjalanan hidupnya, Frodo dihantarkan naik perahu untuk berlayar menuju suatu tempat yang sangat indah. Dia disambut oleh makhluk-makhlukghaib dari dunia lain (semacam malaikat) begitu pula balasan bagi para Nabi dan orang-orang shalih dalam kehidupan di Akhirat nanti. Mereka akan mendapatkan surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai.

Nah, itulah beberapa bagian film LOTR yang “mirip” dengan peristiwa yang akan terjadi pada Akhir Jaman nanti.WAH! Ternyata kalo kita cermati banyak sekali ya pesan-pesan tersembunyi di balik film ini

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...