Monday, July 4, 2016

Mudik dan Faktanya

Idul Fitri atau istilah di Indonesia Lebaran 1437 sudah di depan mata, Hitungan 24 jam sudah akan masuk lebaran. Banyak yang sudah berkumpul dengan keluarga di kampung halamannya. Meski kata “mudik” mungkin sudah tidak asing lagi didengar saat ini. Namun tahukah anda asal usul dari kata mudik itu? Bagaimana pertama kali istilah kata “mudik” muncul? 

Pulang kampung atau yang seringkali disebut mudik seakan sudah menjadi tradisi yang ada bagi orang Indonesia. Dan bahkan di negara muslim lain juga. Mudik sendiri sebenarnya punya beraneka ragam arti. Misalnya saja bagi orang Jawa, ternyata Mudik adalah suatu singkatan yang kepanjangannya ialah “Mulih Dilik” dimana artinya yaitu pulang sebentar. Selain itu, mudik juga bisa diartikan pekerja migran atau perantau untuk pulang kembali ke kampung.

Ada pula orang yang mengkaitkan kata mudik dengan Udik yang punya arti daerah, desa atau kampung. Sehingga mudik diartikan pulangnya seseorang ke kampung asalnya.

Namun, tahukah anda kalau kata Mudik ini sudah ada sejak jaman dahulu? Tepatnya pada zaman Kerajaan Majapahit. Kata Mudik digunakan saat para perantau pulang kembali ke kampung halamannya.
Namun, mereka pulang bukan karena saat itu mendekati lebaran dan untuk berjumpa dengan keluarga serta saudara-saudaranya. Tapi mereka pulang dengan tujuan untuk membersihkan makam para leluhur tempat asalnya. Tujuannya sendiri agar mendapat keselamatan dan dimudahkan dalam mencari rezeki.
Tentu hal ini berbeda dengan keadaan mudik yang ada saat ini. Istilah dari kata mudik kini telah banyak bergeser artinya dibanding dulu. Hal ini dimulai kurang lebih sejak tahun 1970, dimana Mudik diartikan sebagai kegiatan pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga saat menjelang Lebaran.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...