Tuesday, April 10, 2018

Singkatan Paling Sering Dipakai di Medsos

Image result for emoticon LOL
Hal yang nggak akan pernah lepas dari kehidupan manusia adalah berkomunikasi dengan sesame manusia yang lain kan? Kalau sekarang sih ingin berkomunikasi sangat mudah. Tinggal kamu ambil smartphonemu dan kirim pesan, telepon, bahkan video call. Keberadaan teknologi ini sudah nggak terbatas ruang dan waktu lagi.
Sadar nggak sih kalau kita sering sekali berbicara atau mengirim pesan dengan singkatan-singkatan? Selain untuk memudahkan dalam pengetikan untuk berkirim pesan, singkatan kata atau frasa memang terbukti sangat efektif. Karena sejatinya, bahasa itu selalu berkembang dan manusia cenderung ingin melakukan segala sesuatunya dengan lebih efektif termasuk dengan menciptakan singkatan-singkatan baru.
Di bawah ini ada 10 singkatan yang sangat nggak asing di telinga kita, sering di gunakan maupun di ucapkan. Tapi kamu yakin sudah tahu kepanjangannya? Atau jangan-jangan kamu nggak sadar kalau itu adalah sebuah singkatann? Cek yuk.
1. OK
Sebenarnya OK itu adalah singkatan lho. Karena OK merupakan akronim dari All Correct, huruf O dan K ditulis dengan huruf kapital. Kalau kepanjangannya All Correct, terus kenapa kok disingkat bukan OC atau AC, atau AK? Sejak digunakan sebagai bahasa plesetan di Amerika, frasa ini berubah menjadi All Korrect. Lalu huruf A pada All berganti dengan O karena cara pengucapan huruf A pada All hampir sama dengan pengucapan huruf O. Jadilah frasa All Correct menjadi OK.
2. PC, PM, Japri
Kamu sedang melakukan chat di group yang ada di aplikasi chatting Androidmu. Kemudian, ada yang menyuruhmu untuk ‘Japri aja’, atau saat kamu bertemu dengan temanmu ia melontarkan, ‘OK. Nanti PC/PM/Japri aja’. Kamu paham kan pasti? Kalau kamu paham, apa kamu benar-benar tahu kepanjangan dari ketiga akronim itu? Kalau belum tahu PC adalah kepanjangan dari Private Chat, PM adalah Private Message, dan Japri adalah Jalur Pribadi. Sudah jelaskan sekarang?
3. BH
Khusus untuk para cewek nih, sering dong kalian menyebut nama benda ini? Entah saat kamu berbicara dengan temanmu, ibumu, atau kamu memang sedang berbelanja kebutuhanmu yang satu ini. Saat mengucapkannya apa kamu tahu benar kepanjangan dari BH?
BH merupakan kepanjangan dari Buste Houder dalam bahasa Belanda. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti penyangga payudara.
4. HVS
Pas kamu pergi ke fotocopy-an, atau membeli kertas untuk kebutuhan printingmu kamu sering dan hampir selalu menggunakan kertas HVS. Yakin tahu apa kepanjangan dari HVS dan maknanya? HVS merupakan singkatan dari bahasa Belanda yaitu HoutVrij Schrijfpapier yang artinya kertas bebas serat kayu.
5. PIN
Ininih salah satu kata yang amat sangat sering digunakan oleh hampir semua orang. Entah itu nomor PIN ATM, PIN BBM, ataupun PIN yang lainnya. Sebenarnya apa sih kepanjangan dari PIN sendiri? PIN adalah kepanjangan dari Personal Identification Number.
6. A.M dan P.M
Kamu yang hobi menyebut jam dengan penggunaan a.m dan p.m wajib tahu loh apa kepanjangannya. Dua akronim itu berasal dari bahasa Latin yaitu a.m atau Ante Meridiem (sebelum siang) dan Post Meridiem atau p.m yang berarti setelah tengah hari.
7. OLI
Sering banget beli OLI? Atau pergi ke bengkel untuk mengganti OLI kendaraanmu? Sesungguhnya OLI juga termasuk singkatan lho. OLI adalah kepanjangan dari Oil Level Indicator. Sekarang yang belum tahu kalau OLI merupakan singkatan jadi tahu kan?
8. Robot
Ups! Ternyata robot juga merupakan singkatan. Banyak pasti diantara kalian kalau robot ya robot saja nggak ada singkatan apapun di dalamnya. Tapi ternyata ROBOT adalah singkatan dari Residents Official Board of Technology atau sebuah teknologi mesin bergerak yang bisa diperintah.
9. YKK
Singkatan ini mungkin kamu temukan di resleting celana kamu, resleting jaket kamu, resleting baju kamu, ataupun di mana saja. YKK merupakan singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha atau dalam bahasa Inggris adalah Yoshida Manufacturing Corporation.
10. LOL
Sering sekali nih singkatan ini kamu gunakan untuk suatu kejadian yang tampak aneh atau bagimu lucu. Namun terkadang juga kamu gunakan sebagai symbol sarkastik. Nggak lupa dibalakang kata LOL kamu bubuhi dengan emotikon tertawa sampai menangis. Apa sih sebenarnya LOL itu? LOL adalah kepanjangan dari Laught Out Loud. Jadi tertawa sampai terpingkal-pingkal, sampai keluar air mata saking lucunya.
Beberapa singkatan yang perlu kamu tahu lainnya antara lain: CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans), URL (Uniform Resource Locator), TMC (Traffic Management Center), GPS (Global Positioning System), Wi-Fi (Wireless Fidelity), DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia), CCTV (Closes Circuit Television).
NN yang biasa dikenal sebagai No Name ternyata adalah Nomen Nescio dalam bahasa Latin, artinya tanpa menyebutkan nama, RSVP adalah kepanjangan dalam bahasa Perancis yaitu Rpondez, S’il Vous Plat yang artinya tolong dibalas atau menunggu konformasi, COD (Cash On Delivery), PDF (Portable Document Format), dan masih banyak lainnya.
CMIIW ya! Correct Me If I’m Wrong.



No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...