Sunday, October 1, 2017

Hakikat Tuhuan Hidup Manusia

Hasil gambar untuk hakikat manusia hidup di dunia
Hakikat tujuan hidup manusia adalah: B A H A G I A. Bahkan tujuan akhir manusia setelah kehidupan dunia adalah s u r g a -tempat manusia dimuliakan Allah dengan kebahagiaan abadi. Namun siapa yang bisa meraih bahagia? Di mana gerangan bahagia mesti dicari?
Kyai guruku di Payaman, Magelang, bilang: “Allah SWT meletakkan kebahagiaan unt seekor ikan pada air yang sehat, unt seekor burung pada luasnya alam bebas, unt seekor cacing pada tanah yang subur, dan unt manusia pada iman yang bersemayam dlm hatinya yang bersih”.
ALLAH AL-ADL. Allah Maha Adil. Maka dengan demikian, siapapun dia, berhak dan bisa merasakan bahagia. Si kaya atau si miskin, yang pesek atau rupawan, lelaki atau perempuan, suku jawa atau papua, yang gemuk atau langsing, yang pendek atau jangkung… Semua boleh meraih sejumput nikmat surga yang disegerakan itu: kebahagiaan hidup di dunia!
Tp kenapa sering diberitakan betapa kecanduan narkoba, stress, hingga bunuh diri banyak melanda manusia di berbagai negara? Bahkan jg beberapa di antara org org beriman? Perihal kepedihan, rasa takut, resah gelisah dan rasa cemas ini memang nyata adanya. Al-Qur’an pun mengakui bhw manusia tidak bisa luput dari rasa takut dan resah: “Laqod kholaqnal insaana fii kabad” (Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam keresahan yang melingkupi) QS. al-Balad:4
Manusia diciptakan untuk meraih surga. Allah menghendaki manusia bahagia. Namun di dunia ini, di “Darul Asbab” ini, Allah menghendaki agar manusia menunjukkan bukti, “asbab”, berupa sikap dan amaliahnya, sehingga nanti di Yaumul Akhir akan menjadi alasan (yang adil) kenapa ia beroleh surga atau neraka.
“Apakah kamu mengira akan masuk surga ‘begitu saja’ padahal belum terbukti di hadapan Allah siapa siapa di antara kamu yang bersungguh sungguh dan siapa siapa yang mampu bersabar menghadapi aneka ujian” (QS. Ali ‘Imran: 142).


No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...