Friday, March 27, 2015

Patung Liberty dan Misterinya (1)



Ketika anda mengunjungi New York, anda akan melihat patung besar, patung wanita yang membawa obor. Yup, patung Liberty. Yang merupakan ikon kota New York , dan itu merupakan salah satu simbol terbesar dari Amerika Serikat secara keseluruhan. Tapi, apakah Anda tahu cerita lain dari patung terkenal itu? Dibalik itu semua Anda mungkin tidak menyadari kalau Amerika sangat kental dengan berhala.
Patung Liberty awalnya disebut “Liberty Enlightening the World (Liberty Mencerahkan Dunia)”, dan itu adalah hadiah persahabatan dari rakyat Perancis kepada rakyat Amerika Serikat dan merupakan simbol universal kebebasan dan demokrasi.

Sejarah Patung Liberty
Patung Liberty yang menjadi kebanggaan Amerika lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty dalam bahasa Indonesia, adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.
Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Setelah selesai dibuat di Perancis, patung tersebut dibongkar dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung liberty selnjutnya disusun kembali di Bedloe’s island di mulut pelabuhan kota new york. Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, patung liberty berdiri di atal landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga.
Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.Pada tahun 1984 UNESCO memasukan patung liberty ke dalam situs warisan dunia yang dilindungi oleh PBB, Tapi tahukah anda siapakah sosok dari patung liberty yang sebenarnya?

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...