Tuesday, February 17, 2015

Kisah Jemuran Tetangga



Ada pasangan muda yang baru saja menikah dan menempati rumah di sebuah komplek perumahan. Ketika pagi sewaktu sarapan, si istri melalui jendela kaca melihat tetangganya dari jendela kaca sedang menjemur pakaian. Kemudian si istri berkata: "cuciannya keliatan kurang bersih ya". kemudian dia berkata mungkin tetangganya tidak tahu cara mencuci pakaian dengan benar. Suaminya menoleh, tetapi hanya diam dan tidak memberikan komentar apapun. 

Besok paginya ketika sarapan kajadian serupa terjadi lagi. Sang istri berkata lagi: "tetangga sebelah tidak tahu bagaimana cara mencuci dengan benar atau mungkin karena memakai detergen yang murahan ya". Sang istri berkata kepada suaminya. Dia berharap suaminya mau memberikan komentar atau pendapat tentang cucian tetangganya tersebut. Tapi lagi-lagi si suami masih terdiam tidak memberikan komentar sedikitpun. Suaminya cuman menoleh kemudian melanjutkan sarapannya lagi. Pada hari ketiga terulang lagi kejadian seperti hari yang pertama dan kedua. 

Namun pada hari keempat si istri kaget ketika sarapan. Dia melihat lewat jendela kaca kalo jemuran tetangganya kini keliatan sangat bersih. 
"Yah, hari ini tetangga kita jemurannya keliatan bersih". kata sang istri kepada suaminya. 
"Apa dia mendengar omongan saya ya?" sambung si istri lagi.
Kemudian si suami berkata kepada istrinya.
"Tadi pagi sebelum ibu bangun saya membersihkan jendela kaca rumah kita" jawab suami dengan nada datar. Si istri baru menyadari kesalahannya dalam menilai orang.

Dan begitulah kehidupan. Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung pada kejernihan pikiran kita dan cara pandang kita. 
Jika HATI kita bersih, maka akan bersih pula PIKIRAN kita. 
Jika pikiran kita bersih, maka akan bersih pula PERKATAAN kita. 
Jika perkataan kita bersih, maka bersih pula PERBUATAN kita


No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...