Friday, January 19, 2018

Curhat Di Media Sosial

Image result for curhat di medsos

Tahukah Anda sebenarnya mengeluh di media sosial itu bukan solusi yang baik untuk memperbaiki masalah. Perlu diketahui, curhat (berlebihan) di media sosial justru malah mengundang permasalahan baru. Malu-maluin…
Alih-alih ingin mendulang simpati atau mendapatkan solusi, yang kita terima malah caci maki, “Cuma gitu aja enggak bisa,” atau “dih, cemen banget!” atau yang serupa lainnya.
Padahal, bisa jadi ketika yang berkomentar seperti itu mendapatkan cobaan serupa ngeluhnya lebih dahsyat. Tapi mau gimana lagi, bahasa tulisan dan lisan memang berbeda. Kalau ingin curhat ya sebaiknya cerita ke orang-orang yang benar-benar kita percaya, bukan ke semua orang yang sebagian besar tidak tahu keseharian kita dan sebaliknya.
Adapun keburukan-keburukan yang akan didapatkan ketika curhat berlebihan di media sosial, antara lain:
1. Mempermalukan diri sendiri
“Ih, ternyata dia gitu ya di dunia maya padahal di dunia nyata kayak kuat gitu,” lagi-lagi bukannya mendapat solusi, yang ada malah mempermalukan diri sendiri.
2. Menghabiskan kuota hanya untuk hal-hal yang kurang produktif
Menghabiskan kuota untuk hal-hal enggak produktif berarti menghabiskan uang. Sama-sama menggunakan kuota, mendingan untuk hal-hal yang bermanfaat misal jualan, mendengarkan ceramah di youtube, belajar gratis di grup WA, atau yang lain.
3. Bisa berkembang ke mana-mana
Saat ini zaman sensitif. Masalah yang awalnya hanya satu kota gara-gara di-share di media sosial bisa berkembang jadi sedunia. Mending kalau masalah prinsip, kalau enggak? Bukankah hal ini buang-buang waktu saja.
Orang yang cerdas dan kuat bukanlah orang yang tidak pernah mengeluh, tapi tahu secara pasti dia harus mengeluh ke siapa. Sebaiknya sih memang kita tidak membiarkan apa yang kita rasakan “berceceran” di dunia maya. Bila pun ingin cerita masalah pribadi, ceritalah ke orang yang benar-benar amanah dan bisa dipercaya. Dan yang pasti, curhat sama Allah jangan pernah lupa. Wallahu’alam bishowab.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...