Saturday, June 8, 2019

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Sebagai sebuah tradisi, bahwa sehabis sholat Idul Fitri biasanya kita saling silaturahmi dan saling maaf memaafkan. Seorang anak minta maaf pada ayah ibunya, seorang istri minta maaf pada suaminya, seorang adik minta maaf pada kakaknya, dan begitu juga sebaliknya. Lebaran memang menjadi momen yang indah karena disitulah kita dapat berkumpul dengan keluarga besar.

Saat lebaran ucapan yang paling umum dan sering kita dengan adalah "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum". Lalu apa sih itu arti dan maknanya?

Ucapan tersebut merupakan sebuah doa kepada sesama yang memiliki arti "Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dai kami dan (puasa dan amal) dari kalian".

Ucapan ini didasarkan pada riwayat dari Jubair bin Nafir, ia mengatakan, "Apabila sahabat-sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum."

Untuk menjawabnya bisa dengan mengucapkan "Aamiin" / semoga Allah mengabulkan. Tapi tentu tidak cukup Aamiin saja, kita juga bisa menjawabnya dengan yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. An Nisaa ayat 86 yang artinya :

"Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal." (Q.S. An Nisaa ayat 86).

Maka kita bisa menjawabnya dengan jawaban yang sama yaitu "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum". Jangan lupa sehabis itu kita ucapkan Aamiin (semoga Allah mengabulkan).

Ada beberapa keutamaan dari mengucapkan "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum" ini diantaranya adalah :

1. Saling mendoakan antar sesama
2. Menghidupkan sunnah
3. Berpahala
4. InsyaAllah Allah akan mengabulkan doanya

Jadi sudah tahu kan sekarang arti dan makna "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum". Jangan lupa diamalkan ya pas lebaran nanti, karena itu doa yang baik dalam bahasa Arab.

2 comments:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

    ReplyDelete

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...