Thursday, March 22, 2018

Selfie Ketika Sedang Beribadah

Image result for selfie di tempat ibadah
Saudaraku, yang dirahmati Allah SWT. Tahukah Anda, sebagian orang kadang-kadang melakukan ibadah kemudian dia melakukan Selfie, Seperti misalnya ; {“ memfoto diri sendiri ketika ia sedang sholat, memfoto diri sendiri ketika ia sedang sedekah, memfoto diri sendiri ketika ia sedang Umrah, memfoto foto diri sendiri ketika ia sedang wukuf dipadang arafah, dan berbagai macam jenis-jenis selfie saat sedang melakukan ibadah “}.
Lantas kiranya kita tidak bisa menyalahkan mereka, entah itu salah entah itu keliru. Namun, mari kita timbang dengan Ayat-ayat Allah SWT.
Allah SWT berfirman ;
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di, r.a. menafsirkan yakni “tersembunyi” bermakna {” (bahwa dalam beribadah hendaklah) tidak terang benderang dan tidak dijelaskan karena takut darinya perbuatan Ria’, tetapi dikerjakan tersembunyi hanya tulus karena Allah SWT “}.
Allah SWT juga Berfirman :
Saudaraku, yang dirahmati Allah SWT. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa didalam beribadah itu tidaklah harus secara terang benderang, dalam arti lain seseorang dalam beribadah itu dilakukan secara rahasia, cukup Allah SWT yang tahu perihal ibadah kita.
Dalam beribadah hendaknya dilakukan secara khusu’ dan benar-benar yakin akan ke Esaan Allah SWT. Karen sejatinya ibadah tersebut hanya ada antara seorang hamba dengan Allah SWT saja, tidak dikerjakan secara terang-terangan, dan tidak pula dikerjakan secara Ria’.

Inilah kenapa kita mengatakan bahwa Selfie, tatkala sedang melakukan ibadah seperti umrah, haji, tawaf, dan ibadah ibadah lainnya, itu tidak dibolehkan. Bahkan terkadang seperti Ka’bah Baitullah yang merupakan rumah Allah SWT pun mereka jadikan sebagai tempat Selfie.
Bukan lagi mereka khusu’ untuk berdoa, khusu’ untuk berdzikir, khusu’ melakukan ibadah, tapi mereka malah jadikan tenpat Selfie, dengan berbagai macam alasan. Entah itu alasan sebagai kenang-kenangan, entah alasan sebagai suatu yang mensyukuri nikmat-Nya, entah itu sebagai hal apa saja yang merupakan perkataan yang benar namun diinginkannya kebatilan. Maka hal ini bisa kita katakan bahwa selfie dalam beribadah rentan sekali dengan Ria’.
Oleh karena itu saudaraku yang dirahmati oleh Allah SWT, janganlah kita umbar-umbar kebaikan kita, kebaikan dalam beribadah kepada-Nya. Dan marilah kita sembunyikan amal ibadah kita sebaik mungkin, sebagai mana kita menyembunyikan dosa kita dari mereka.
Semoga Allah SWT mengampuni dosa kita semua. Amin !

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...