Tuesday, March 21, 2017

Jenis Nafsu Dalam Islam

Hasil gambar untuk amarah
ketahuilah Ada 7 jenis nafsu dalam islam :
Nasfu Amarah
Nafsu Lawamah
Nafsu Marhamah
Nafsu Mutmainah
Nafsu Raudiah
Nafsu Kamaliah
Nafsu Mardiah
Itulah kilasan tentang 7 jenis nafsu di dalam islam, kesempurnaan hanya milik Allah S.W.T dan tidak ada dalam diri manusia, akan tetapi kita memiliki akal dan pikiran yang dapat memilih serta memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dan petunjuk Allah S.W.T untuk selalu melawan hawa nafsu yang tidak baik,baik dunia dan akhirat agar senantiasa selalu mendapatkan keridhoan dalam perjalanan kehidupan sehari-hari.

AMARAH
Amarah adalah martabat nafsu yang paling rendah dan kotor di sisi Allah. Segala yang lahir darinya adalah tindakan kejahatan yang penuh dengan perlakuan mazmumah (kejahatan/keburukan). Pada tahap ini hati nurani tidak akan mampu untuk memancarkan sinarnya kerana hijab-hijab dosa yang melekat tebal, lapisan lampu makrifat benar-benar terkunci. Dan tidak ada usaha untuk mencari jalan menyucikannya. Kerana itulah hatinya terus kotor dan diselaputi oleh pelbagai penyakit

Lawamah
adalah nafsu yang menyadari apabila melakukan suatu kemungkaran.
golongan ini beramal tetapi masih ada riya, hasut, dengki dan sebagainya.nafsu mereka tetap dilakukan walau mereka tahu itu salah.

Marhamah
adalah nafsu yang telah dapat membuang sifat tercela.walaupun begitu, mereka masih mengkritik diri sendiri.

Mutmainah
adalah nafsu yang lemah lembut. mereka mendapat ketenangan dan menghilangkan gelisah di jiwa. mereka adalah orang yang sholeh.

Raudiah
adalah nafsu yang berusaha untuk melatih diri untuk mencintai Allah sepenuhnya..mereka bergaul dengan orang banyak tetapi hatinya semata-mata hanya kepada Allah.

Kamaliah
adalah nafsu yang sempurna, nafsu yang hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul.

Mardiah
adalah nafsu yang terbaik dan yang paling dicintai dan nafsu yang paling di ridhai Allah. Keridhaan tersebut terlihat pada anugrah yang diberikan-Nya berupa senantiasa berdzikir, ikhlas, mempunyai karomah, dan memperoleh kemuliaan, sementara kemuliaan yang diberikan Allah SWT itu bersifat universal, artinya jika Allah memuliakannya, siapa pun tidak akan bisa menghinakannya, demikian pula sebaliknya orang yang dihinakan oleh Allah SWT, siapa pun tidak bisa memuliakannya.
nah..

bicara soal nafsu lawamah..
Antara sifat nafsu lawwamah adalah:
1. Mencela diri sendiri (tak pandai bersyukur)
2. Bertafakur dan berfikir ( ini nilai plusnya)
3. Membuat kebajikan krn ria (pengen di puji )
4. Kagum pada diri sendiri yakni 'ujub
5. Membuat sesuatu dengan sum'ah -agar dipuji ( cari cari sensasi / nyeleneh..misalnya..rambut..gaya funky.pake anting padahal laki laki.dandanan berlebihan. Ganti ganti nama biar dianggap keren.pake baju ketat ketat biar dianggap body oke, padahal perut buncit)
6. Takjub pada diri sendiri (sombong)

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...