Thursday, March 7, 2019

Perselisihan Dua Calon Khalifah


Hasil gambar untuk khalifah  

Usai pertempuran Badar, dua sahabat ini beda pendapat menyikapi para tawanan perang.
Abu Bakar dengan sifat lemah lembut dan kasih sayangnya, ingin memberi ampun kepada para tawanan. Umar sebaliknya, ingin agar mereka diganjar dengan hukuman yang berat.
“Ya, Rasulullah,” bujuk Abu Bakar, “demi ayah dan ibuku. Mereka itu masih keluarga kita: ada ayah, ada anak atau paman, ada sepupu atau saudara-saudara. Orang yang jauh dari kita pun masih kerabat kita.

“Bermurah hatilah kita kepada mereka itu,” lanjut Abu Bakar, “Semoga Allah memberi kemurahan kepada kita. Atau kita terimalah tebusan dari mereka, semoga Allah akan menyelamatkan mereka dari api neraka. Maka apa yang kita ambil dari mereka akan memperkuat kaum Muslimin juga. Semoga Allah kelak membalikkan hati mereka.”

Rasulullah diam, lalu pergi menyendiri.
Beberapa saat kemudian Umar mendekat seraya berkata, “Ya Rasulullah, mereka itu musuh-musuh Allah. Mendustakan, memerangi, dan mengusir engkau. Penggal sajalah leher mereka. Mereka inilah kepala-kepala orang kafir, pemuka-pemuka orang yang sesat. Orang-orang musyrik itu adalah orang-orang yang sudah dihinakan Allah.”
Rasulullah tidak menjawab apa-apa. Dan beliau Saw akhirnya masuk kamarnya.
Dalam kondisi demikian, para sahabat terbagi menjadi dua golongan.

Golongan pertama mendukung Abu Bakar. Golongan kedua mendukung Umar.
Mereka menanti keputusan, apakah yang akan ditetapkan oleh Rasulullah? Apakah akan membenarkan Abu Bakar? Atau mengiyakan Umar?
Beberapa saat kemudian Rasulullah pun keluar dari kamarnya. Dan masya Allah dengan cerdas dan sangat bijaksana, Rasullullah membuat perumpamaan yang sangat menarik bagi dua sahabat agung ini.
Di kalangan para malaikat, Abu Bakar seperti Mikail, diturunkan dengan membawa sifat pemaaf dan kasih sayang.
Dari kalangan nabi, ia seperti Ibrahim yang lemah lembut kepada umatnya. Walau dicampakan ke dalam kobaran api, ia hanya berkata, “Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?” (QS al-Anbiyaa’ [21]: 67).
“Barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ibrahim [14]: 36)

Juga seperti Isa yang berkata, “Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS al-Maiidah [5]: 118)
Sedangkan Umar di kalangan para malaikat ibarat Jibril as.
Dan dari kalangan nabi seperti Nuh yang berkata, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorangpun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.” (QS Nuh [71]: 26)
Atau seperti Musa yang berkata, “Ya Tuhan kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih.” (QS Yunus [10]: 88)

Inilah ilustrasi yang memberikan penjelasan dari dua karakteristik yang berbeda. Abu Bakar dan Umar memiliki perbedaan seratus delapan puluh derajat. Baik fisik maupun sifat.
Abu Bakar bertubuh kurus yang pernah beberapa kali sarungnya merosot ketika shalat berjamaah. Sementara Umar berbadan kekar dan pernah bersin sehingga membuat empat orang jamaah shalat hampir terjengkang.
Abu Bakar lemah-lembut. Sementara Umar tegas dan siap membentak.
Dan manusia tentu memiliki beragam kebiasaan, keunikan dan karakter pribadi masing-masing.
Selama itu tidak melanggar syariat tidak usah direka-reka, dirubah atau memakai topeng orang lain. Kaya, miskin, tegas, lembut lembut, kurus, gemuk, pendek dan tinggi, bukanlah hal yang menentukan hina dan mulianya manusia.
Manusia tidak diukur dengar materi: harta, pangkat, jabatan, keturunan, ketampanan atau kecantikan.
Yang menentukan hina dan mulia adalah keimanan dan taqwa pada-Nya.
“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu.” (QS al-Hujurat [49]: 13)



3 comments:

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    ReplyDelete
  2. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete
  3. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...