"Pemimpin sejati melayani. Melayani orang-orang.  Melayani minat terbaik mereka.  Dalam memimpin, mereka tidak selalu  bertindak populer, dan tidak juga  selalu mengesankan. Tetapi pemimpin  sejati selalu dimotivasi oleh  kepedulian kasih dibandingkan hasrat  kejayaan pribadi dan mereka pun  bersedia membayar harganya" - Eugene B. Habecker
Memimpin yang efektif bukanlah mengenai bagaimana memerintah  anak buah. Semua orang pun bisa melakukan hal itu jika diberi kekuasaan. Memimpin yang efektif adalah  sebuah seni melayani. Pemimpin yang memiliki banyak  pengikut adalah pemimpin yang melayani.
Menurut pakar kepemimpinan John  C. Maxwell, untuk menjadi orang  besar kita harus mau menjadi yang  paling kecil dan juga pelayan bagi orang lain. Layanilah orang lain dengan  melakukan apa yang kita minta lakukan pada orang lain. Bersedia menyingsingkan lengan baju kita untuk bekerja. Otomatis Anda akan menjadi contoh bagi karyawan atau pengikut Anda. Dengarkan aspirasi karyawan Anda  dan berempatilah pada mereka. Empati  Anda akan menimbulkan rasa hormat  mereka terhadap Anda, serta memberikan
pertumbuhan pada diri Anda dan pengikut Anda.
pertumbuhan pada diri Anda dan pengikut Anda.
Jadilah mentor mereka. Menjadi  mentor adalah bagaimana kita mengubah seseorang menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Fokuslah juga pada solusi permasalahan, bukan pada  kesalahan karyawan Anda. Formulasikan rencana tindakan Anda untuk mengatasinya. 
Jika  Anda ingin menjadi pemimpin pada
tingkat tertinggi, bersedialah melayani orang yang paling rendah.
tingkat tertinggi, bersedialah melayani orang yang paling rendah.
No comments:
Post a Comment