Monday, June 23, 2014

Thomas Alva Edison

Belajar Dari Karakter Hebat Thomas Alva Edison
Guys, artikel kali ini kita belajar dari Karakter Hebat Thomas Alva Edison. Beliau adalah seorang penemu besar sekaligus pebisnis hebat. Lahir di Milan, Ohio, Amerika 11 February, 1847 dan meninggal pada 18 October, 1931. Thomas Edison adalah seorang penemu paling roduktif keempat dalam sejarah tokoh dunia. Edison mengantongi 1093 paten di Amerika Serikat dengan akumulasi 2.332 paten di seluruh dunia. Penemuannya yang paling terkenal adalah bola lampu, phonograph, kinetoscope dan dictaphone.
Sebagai generasi muda, akan menyenangkan jika bisa belajar lebih banyak untuk kemajuan diri kita dengan belajar dari tokoh-tokoh besar dalam sejarah seperti Edison. Okay, semoga artikel 5Fakta.com kali bisa menginspirasi kita untuk belajar membangun karakter yang lebih baik dari sosok Thomas Alva Edison.

5 Karakter Hebat Thomas Alva Edison

1. Selalu Ingin Tahu

Edison memiliki rasa ingin tahu yang besar pada hal-hal teknis. Dia ingin menguasai keterampilan teknis dan teknologi baru. Dia merasa tertantang untuk menciptakan perangkat atau memperbaiki perangkat yang sudah ada. Rasa ingin tahu yang tak pernah puas membawanya ke bidang-bidang lainnya. Mulai dari metalurgi ke plastik hingga akhirnya sukses dengan bola lampu listrik, rekaman suara, dan ratusan penemuan lainnya. Edison memiliki kemampuan unik yaitu mampu memandang masalah dari beberapa sisi. Mencari perspektif yang berbeda di luar “kebiasaan” menjadi kuncinya untuk menemukan jalan dari rasa keingintahuannya.

2. Teliti Dalam Karyanya

Edison teliti dalam setiap perencanaan. Dia akan membuat gambar dengan hati-hati pada setiap ide dan penemuannya. Dia juga menyimpan catatan yang rinci mengenai usaha dan bisnisnya. Bahkan saat dia berumur 20 tahun, Edison sudah menulisnya dalam buku catatan tentang perkembangan dari setiap eksperimennya. Tidak salah jika Edison dianggap sebagai orang yang sangat rajin.

3 . Ambisius dan Pekerja Keras

Edison dikenal memilik etos kerja yang tinggi. Dia mampu berkonsentrasi secara intens selama berjam-jam untuk mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan masalah. Edison sering kali tidur pada siang hari, sehingga dia dapat menghabiskan waktu berjam-jam di laboratorium. Istri pertamanya pun jarang melihatnya dirumah. Dia seringkali terlibat dalam empat atau lima proyek yang sedang berlangsung sekaligus. Bahkan pada usia 65 tahun Edison, masih sempat bekerja 112 jam dalam seminggu.
Quote Edison yang sangat terkenal:
“Genius is 1% inspiration and 99% perspiration”- T.A. Edison

4. Bisnisman Yang Visioner

Entrepreneurial spirit yang dimiliki Edison mampu mengantarkan beliau menjadi seorang bisnisman yang visioner. Dia selalu merasa tertantang pada dunia baru dan berjuang untuk menaklukkannya. Dengan sense of business yang kuat, Edison mampu menangkap peluang bisnis dengan cara melihat apa yang sedang dibutuhkan orang. Kemudian berupaya menciptakan sesuatu untuk menyediakannya. Dia melihat bahwa masa depan dunia berada pada teknologi baru. Karena itulah dia terus menciptakan teknologi-teknologi baru pada jamannya dan berusaha memperbaiki pada setiap penemuannya.

5. Kemampuan Persuasif

Salah satu karakter hebat dari Edison adalah bahwa ia mampu mengatur dan meyakinkan orang lain bekerja untuknya. Dia memiliki banyak orang-orang jenius dalam timnya yang benar-benar didedikasikan untuk cita-citanya. Orang-orang dalam timnya selalu mendukung proyek-proyeknya. Ini adalah strategi utamanya dalam mengembangkan ide. Menyewa insinyur dan ilmuwan terbaik untuk dirangkul agar mau bekerja dengannya. Dia sangat terorganisir dengan metode ini. Agar proyeknya terus berkembang, dia juga lihai mencari publisitas. Hal ini bertujuan agar dalam setiap proyek-proyeknya tetap mendapatkan dukungan finansial. Misalnya, ketika dia punya penemuan baru, ia akan hadir ke tempat-tempat umum. Agar menarik perhatian dan mendapatkan publisitas yang maksimal, Edison akan melakukan presentasi yang memukau dan melakukan demo langsung untuk menampilkan penemuannya. Dengan begitu dia akan masuk di halaman depan koran mengenai penemuannya.

No comments:

Post a Comment

Dukhon

Saat ini di dunia dan juga tentu saja termasuk indonesia, sedang perjadi pandemi yang berasal dari corona. Nama legkapnya virus corona. Ata...